Tips Aman Bermain Facebook


 Facebook adalah situs jejaring sosial yang sangat terkenal akhir-akhir ini....terutama di kalanngan Remaja......meski memiliki bannyak dampak positif, Facebook juga pasti memiliki dampak negatif....Untuk menghindarinnya saya memiliki tips sebagai berikut.........



1. Jangan Buka-Bukaan / Terlalu Jujur di Internet

Berikan informasi umum yang tidak spesifik agar informasi tersebut tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang ingin merugikan kita. Terlalu membuka diri di internet sangat tidak aman karena informasi yang sensitif mungkin akan bocor dan tersebar luas di masyarakat. Kalau tidak penting sebaiknya jangan mencantumkan alamat rumah, nomor telepon, alamat email dan lain sebagainya. Internet banyak dihuni penipu, jadi jangan terlalu polos bermain di dalamnya.

Upload foto kita seperlunya di dunia maya serta harus dalam keadaan baik, tidak mempermalukan kita maupun orang lain di depan orang banyak. Foto atau video yang asal-asalan tidak sesuai kode etik bisa menjadi bumerang pada kita. Gunakan foto untuk memudahkan teman lama kita dalam mengenali kita. Foto-foto pribadi yang kurang layak sebaiknya tidak diupload (jangan pernah) karena bisa saja bocor dihack orang yang tidak suka dengan kita.

2. Jangan Terlalu Kecanduan Sering Online

Batasi penggunaan harian main fesbuk karena bagaimana pun juga facebook hanyalah salah satu cara menghibur diri. Kita hidup di dunia nyata, jadi berbaurlah dengan orang di sekitar kita secara langsung dengan tatap muka secara wajar. Sebaiknya bertukar pesan dengan teman yang kita kenal di dunia nyata saja karena teman-teman baru yang doyan online bisa menyita waktu kita membalas pesan elektronik mereka.

Kegiatan facebuk cukup berkirim pesan seperlunya dengan teman asli, update status jika ada hal yang penting, publikasi event dan cari/tambah add teman asli yang benar-benar kita kenal. Sisa fitur yang lain gunakan seperlunya. Facebook hanyalah facebook, lebih baik persiapkan dan pikirkan masa depan kita di dunia nyata. Jangan lupa makan, tidur, sekolah, ibadah, dll saat menggunakan facebook.

3. Selektif Pilih Teman (Jangan Sembarangan)

Hati-hati dalam memilih teman untuk kita tambah jadi teman kita. Hindari menambah/mengadd orang-orang yang tidak kita kenal (asing) karena bisa saja mereka hanya ingin mencuri/mengumpulkan informasi dan data pribadi kita yang dapat digunakan untuk mencelakai kita. Oleh karena itu batasilah informasi dalam profil facebook kita. Bila perlu setting profile kita hanya bisa dibaca oleh teman/friend yang sudah kita approve.

4. Jadilah Smart, Waspadai Penjahat-Penjahat Internet

Internet adalah dunia bebas yang siap menghancurkan kita jika kita tidak pintar bermain di dalamnya. Maka dari itulah kita harus bisa mengidentifikasi dan mengetahui modus-modus para penjahat online dalam memperdaya korban di internet. Bisa jadi ada penjahat yang buat account dengan nama orang yang kita kenal, lalu pura-pura menjadi orang yang kita kenal untuk menipu kita. Jangan mau membayar apapun atau memberi password kita pada orang lain di internet walaupun teman dekat kita sendiri yang memintanya tanpa konfirmasi langsung di dunia nyata.

Semoga dapat memberikan manfaat untuk kita semua.

Ada saran lain..???

No Response to "Tips Aman Bermain Facebook"

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Silahkan Komentarnnya Mas, Tapi Jangan SPAM!!!